Tips Menjaga Kebersihan Tangan

by Super User
on 22 November 2012

Tangan adalah bagian dari anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan kotoran dan sekaligus digunakan untuk menyentuh atau memasukkan makanan / minuman ke dalam mulut. Oleh karena itu menjaga kebersihan tangan baik di kantor, sekolah atau dimanapun merupakan hal yang sangat penting jika kita ingin menjaga kesehatan. 

Apa itu kebersihan tangan yang baik?

Kebersihan tangan yang baik berarti mencuci tangan,baik menggunakan alkohol ataupun menggunakan sabun dan air, untuk membantu menghentikan penyebaran kuman sehingga mengurangi resiko terinfeksi. 

Cara membersihkan dengan pembersih tangan beralkohol

Pembersih tangan dengan alkohol dilakukan tanpa sabun dan air. Pembersihnya menguap tanpa bekas, dan juga mengandung zat pelembab yang menjaga agar kulit anda tetap dalam keadaan baik. Pembersih tangan yang menggunakan alkohol sangat banyak mengurangi jumlah kuman di kulit, kerjanya cepat dan lebih sedikit menyebabkan iritasi (gatal-gatal) dibandingkan dengan berkali-kali memakai air dan sabun. Pembersih tangan beralkohol akan efektif jika tangan tidak tampak nyata kotornya. Namun jika kulit tampak nyata kotornya, pembersih beralkohol tidak seefektif sabun dan air dalam melunturkan dan membasuh kotoran tersebut.

 

Cara membersihkan tangan menggunakan pembersih tangan beralkohol adalah:

  1. Taruh pembersih di atas telapak tangan dan gosok-gosokkanlah kedua tangan.
  2.  Kenai seluruh permukaan tangan dan jari, sampai tangan menjadi kering.
  3. Kuku jari yang panjang atau kuku palsu mengakibatkan kebersihan tangan sukar dicapai. Bagi Anda yang memiliki kuku seperti ini perlu memberi perhatian tambahan denganmenggosok bagian bawah kuku untuk menghilangkan kotoran dan kuman-kuman. 

Cara membersihkan tangan dengan sabun dan air

Sabun dan air yang mengucur menghilangkan kotoran dan minyak dari tangan. Ini adalah cara terbaik membersihkan tangan jika tangan jelas tampak kotor. Sembilan langkah utama dalam membersihkan tangan dengan sabun dan air adalah:

  1. Buka keran air dan biarkan air membasahi tangan.Gunakan sabun.
  2. Gosokkan kedua tangan sampai sabun berbuih.
  3. Gosok dan liputi seluruh permukaan tangan. Gosok sampai berbuih selama palingsedikit 10 sampai 15 detik.
  4. Gosok setiap jari dan celah jari.
  5. Gosok kuku di tapak tangan.
  6. Gosok belakang tangan dan celah jari.
  7. Bilas tangan dengan air bersih.
  8. Keringkan tangan dengan menepuk-nepuknya dengan handuk kertas atau tissue yang bersih.
  9. Buang handuk kertas atau tissue itu di tempat sampah.

Untuk membantu anda menjaga kebersihan tangan selama bekerja,Pro-Clean selalu menyediakan sabun pembersih antiseptic yang harum dan berkualitas tinggi, sehingga Anda terhindar dari penyebaran kuman-kuman dan bakteri. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi cutomer service kami di 021-85910130. Kami bangga dapat melayani anda.

Leave your comments

0
terms and conditions.

Comments